Beranda

Kamis, 22 November 2012

Resensi : Karena Kita Tidak Kenal

Judul : Karena Kita Tidak Kenal
Pengarang : Farida Susanty
Penerbit : Grasindo
Cetakan : ke-1, 2010
Tebal : 199 halaman

"Ambil jalan yang 'salah'. Belok di tempat yang biasanya kamu tidak pernah belok. Tidak ada satu garis membosankan yang harus kamu ikuti sepanjang hidup. Tidak ada tempat khusus yang harus kamu datangi dengan cara yang ditentukan. Beloklah. Telusurilah jalan-jalan aneh itu. Jadilah orang asing lagi!" (Tuan Badut)

Buku kedua Farida Susanty ini, berupa kumpulan cerpen-cerpen yang diolahnya selama tiga tahun sejak buku pertamanya terbit dan jadi best-seller. Buku ini berisi 15 cerita pendek dan satu cerita pendek bonus. Okay, beberapa cerpen disini saya suka, karena ceritanya begitu liar tapi memang terjadi di dunia nyata tanpa sering kita sadari, atau boleh dikatakan tidak terlalu kita pedulikan.

#1. Bagaimana Cara Menarik Orang Asing
Tentang seorang remaja krisis identitas yang tertarik pada sebuah website social network, dan terobsesi untuk membuat orang asing yang melihat profil online-nya tertarik padanya. Yang awalnya hanya kontes "paling banyak friend request" dengan temannya, menjadi obsesi jangka panjang yang adiktif.

#2. Joker
Ranti hanyalah seorang cewek normal yang ingin diterima dan punya geng, walau dia sebenarnya tidak benar-benar merasa cocok dengan gengnya itu. Sampai suatu hari, datang seorang anak baru, Indri, yang tidak seperti orang-orang yang pernah dia temui sebelumnya. Indri yang sudah biasa pindah dari satu tempat ke tempat lain, dan menjadi orang asing. Indri, yang bilang "jadi murid baru udah jadi profesi aku." Ranti begitu nyaman dengan Indri, tapi semuanya tidak seperti yang terlihat. Mungkin ada sesuatu yang aneh dengan teman barunya ini.

#3. Siapa
Seorang anak SMA sejak kecil telah didoktrin oleh orang tuanya untuk menjadi dokter. Itulah yang ia ingat tentang dirinya : Rini si dokter. Namun, ia hanya bisa ternganga ketika SPMBnya gagal dan ia tida bisa jadi dokter. Kegagalan itu membuatnya kembali mempertanyakan jati diri yang sebelumnya tidak pernah ia pikirkan, membuatnya merasa asing dengan dirinya.
Ini salah satu cerita yang saya suka, karena sisi psikologisnya kena banget, dan sering kita jumpai kasus serupa di kehidupan kita.
"Apa itu rasanya menemukan diri?"
"Aku cuma nggak bisa bayangin, 20 tahun lagi aku bangun dan ngaca, dan mikir, 'itu siapa?'. Mikir bahwa aku nggak kenal diri sendiri dan nggak ngelakuin hal yang seharusnya aku lakuin. Memang, kita bisa hidup tanpa ngerti keinginan diri seperti itu. Itu gampang. Tapi jadinya nggak ada yang kita perjuangin, nggak ada gairah. Kita nggak ngerasa rugi waktu nyawa kita dicabut. Karena semuanya... meaningless. Kamu bisa bayangin hidup kayak gitu?"

#4. Selamat Ulang Tahun
Surat dari seorang ayah pada putrinya, tentang bagaimana putrinya selalu berkembang menjadi pribadi-pribadi baru yang asing satu sama lain dalam perkembangannya. Sebuah surat untuk refleksi jangka panjang si anak, tentang kehidupannya dan terutama, siapa dirinya.

#5. Rahasia
Seorang remaja merasa tertekan karena sebuah rahasia yang tidak bisa ia bicarakan dengan orang-orang terdekatnya. Tapi, di kereta menuju Jakarta, dia dan seorang asing saling membagi rahasia-rahasia mereka, yang tidak pernah mereka bicarakan pada orang-orang yang mereka kenal.
Cerita ini saya juga suka, tapi kesukaan saya tanpa alasan (baca : rahasia) :p

#6. Culik
"Diculik itu apa, Bu?" tanya anak kecil itu.
"Seseorang dibawa pergi oleh orang asing". jawab Ibunya.
Tentang seorang anak kecil yang diculik oleh seorang laki-laki asing, dan apa yang terjadi setelah ia kembali ke rumahnya, membawa rahasia-rahasia selama ia diculik.
Ini juga jadi salah satu favorit saya, alasannya simpel, tentang menjaga kepercayaan :)

#7. Tuhan
Seorang mahasiswi yang mempunyai sahabat seorang mahasiswa atheis, hanya isa menggigit jari ketika si mahasiswa atheis ingin mencalonkan diri sebagai ketua senat. Selama kampanye, terjadi 'tabrakan' ideologi antara si atheis dengan orang-orang beragama yang menentangnya. Mahasiswi itu akhirnya mengalami konflik batin dan terpaksa memikirkan ulang tentang konsepnya sendiri tentang agama dan Tuhan.

#8. Pemakaman
Bagaimana rasanya sebuah pemakaman yang penuh orang asing? Seorang wanita menghadiri pemakaman suaminya yang ia benci (dan hampir semua orang benci) dan melihat bahwa pemakaman itu hanya berisi orang asing, tanpa teman atau kenalan suaminya. Sebuah rahasia terungkap dan si istri meninjau kembali perasaannya pada suaminya itu.

#9. Pada Suatu Hari, di Sebuah Jalan
Seorang laki-laki yang sedang menyetir dengan perasaan bosan melihat seorang perempuan yang sedang duduk di pinggir jalan di tengah hujan deras. Ia penasaran, dan memutuskan untuk memasukkan perempuan itu kedalam mobil, dengan maksud untuk mengantar perempuan itu ke tempat tujuan si perempuan. Tapi mereka malah melewatkan satu hari bersama, satu hari yang tidak akan pernah mereka lupakan selamanya.
I have two stories in this book that i like so so so much over all. And this one, pilihanku jatuh sama cerita ini. NATURAL, tentang perjalanan takdir, yang akan tetap membawamu sampai pada orang yang mencintaimu :)

#10. (tulisan jepang mungkin artinya malaikat kematian)
Ada orang-orang yang tidak boleh diasingkan. Terutama ((tulisan jepang mungkin artinya malaikat kematian).

#11. Yang Diuntit
Seorang perempuan sejak kecil selalu merasa diikuti oleh seorang asing. Namun, karena tidak ada bukti yang kuat, dia dan semua orang merasa itu hanya ilusinya semata. Segalanya berubah ketika dia menginjak umur 20, ketika dia mulai mendengar suara penguntitnya, dan penguntitnya semakin lama semakin nyata. Sekarang, ia harus memilih apakah orang asing itu ada atau hanya ilusinya. Kalau bisa.

#12. Musik
Tentang seorang musisi yang sedang stuck berat membuat lagu setelah kesuksesan album pertamanya. Ia overdosis obat-obatan, sementara di seluruh dunia, lagunya ternyata mempengaruhi hidup orang-orang asing yang tidak akan pernah mengenalnya tanpa lagunya.

#13. WWS
Menerima orang asing sebagai keluarga tidak pernah mudah. Seorang anak SD marah besar dan menolak ketika ayahnya akan menikah lagi dengan ibu tiri baru, ketika ibu kandungnya meninggal. Hingga ia melewatkan satu hari bersama teman dekatnya, Indina, dan belajar tentang konsep orang asing melalui kacamata teman teranehnya itu.

#14. Pandangan Pertama
Apa kita bisa jatuh cinta pada orang asing yang baru kita temui? Seorang perempuan yang akan menikah, harus mengalamikebingungan ketika seorang asing yang baru sekali bertemu dengannya bilang bahwa mereka adalah jodoh, bahwa orang asing itu tahu dialah masa depannya. Sebenarnya, apa itu takdir? Apa itu cinta? Perempuan itu menelusuri pertanyaan itu bersama dengan orang asing itu.

#15. Alice in Wonderless Land
Tentang seorang perempuan bernama Alice, yang sudah bosan dengan hidupnya. Ia menerima selebaran tentang sebuah program yang bisa membantu orang untuk menjadi orang asing lagi di dunia ini, megubah pandangannya dalam memahami dunia. Program yang dia ikuti ternyata jauh berbeda dari ekspektasinya.
And this is the other one. Cerita pendek yang satu ini imajinatif banget, tapi jelas-jelas membawa kita buat ikut membayangkan alurnya.
Penasaran? gih baca sendiri aja :D

#16. Halo
Tentang seorang perempuan yang diajak kenalan lewat SMS oleh seorang asing, dan dari situ segala hal berubah jadi sangat absurd.

Novel ini menurut saya agak berat, karena memang si penulis terlalu 'agresif' sehingga justru menimbulkan kesan 'dibuat-buat' dan 'dipaksakan' untuk beberapa cerita yang ada. Mungkin bisa jadi juga karena si penulis telah menetapkan batasan bahwa tema besar untuk novel ini adalah tentang orang asing, jadi beberapa kata orang asing dalam setiap cerita justru agak membosankan. Intinya, kalau dikategorikan menghibur, kumpulan cerpen ini jelas dibaca bukan untuk tujuan itu. Tapi kalau mau sedikit bersabar ketika membacanya, kamu bisa dapat lebih dari novel ini, ide-ide yang jarang ditemui, kenyataan kehidupan yang jarang kita sadari tapi jelas-jelas ada, asal kita mengabaikan beberapa cerita yang mungkin kita kurang mengerti maksudnya.

Selamat malam blogreads, keep reading yea! ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rain Cloud