Beranda

Rabu, 03 Oktober 2012

Follower vs Trendsetter

Pokoknya harus nge-blog! ucap kata hati sendiri.
Tapi males.. ucap kata hati lainnya.
Yang penting di buka dulu blognya, terus tinggal tunggu moodnya! kekeuh kata hati yang baik.

Tarra, dan si kata hati yang bijaksana memenangkan pertarungan. End.
Krik! wakakakaka, openingnya garing banget!




Alright, sebenernya belum tau juga malam-malam gini musti cerita apa. Tiba-tiba aja kepikiran soal masyarakat Indonesia yang sekarang ini banyak banget 'cuma seneng' jadi follower. Yes, nggak cuma di twitter loh yang saling follow dan folback. Tapi di kehidupan sehari-hari.
Padahal, secara subjektif pandanganku, semakin sering kita jadi follower, semakin kita kebawa arus dan finally nggak punya PRINSIP.
contoh konkritnya aja nih ya, soal batik. Dulu, remaja-remaja dan dewasa awal, kesannya menganggap batik itu 'ndeso'. Nggak ngikutin trend blas! punya batik satu, itu aja cuma buat jaga-jaga kalo ada kondangan.
Sekarang, ngerasa malu kalo nggak punya batik. Ikut-ikutan pake batik, semunya lomba-lomba beli batik, pake batik, sok-sok ngeretweet twitter yang ngucapin hari batik Nasional.
Penting? Kalo udah gitu bakal dapet apa? kepuasan karena diakui, nggak dianggap "nggak gaul", tapi jelas-jelas jadi nggak mengenal jati diri.
Contoh lain bisa kita liat dari gaya bahasa, satu alay, yang lain jadi alay berjama'ah. elo gue-an, wow wow-an, miapah miapah-an, derita lo-an, kasian deh lo-an. Emang nyenengin gitu bisa ngomong nyinyir nggak berbobot kayak gitu?
Sejujurnya banyak kaum pemuda dan pemudi ini yang 'matang' duluan. prihatin lihatnya. Tergrogoti sama trend-trend yang belum waktunya, trend-trend yang gampang lewat tapi meninggalkan citra buruk.

Wake Up Please! Bukan masalah kalo kita belum bisa jadi trendsetter, yang penting tetep jadi diri sendiri, bukan sebagai follower belaka. Jadi diri sendiri itu sama aja punya prinsip, punya jati diri sendiri. Bukan berarti punya prinsip itu keras, bukan prinsip yang kaku, yang penting konsisten. Kalo semua punya jati diri sendiri, bangsa kita pasti bakal keren banget, puinya jati diri bangsa yang khas, dan idealisme yang nggak akan punah tergerus waktu dan globalisasi.


Salam perjuangan!
Merdeka dulu, sekarang dan nanti!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rain Cloud